Langsung ke konten utama

"REFLEKSI ORGAN"

aku tak mengerti apa semua ini salah ku salah kita atau salah oknum. yang pasti biarkan merpati terbang mangitari apa yang ia inginkan. menilik keindahan dan kekacauan yang ada. berkicau menjadi pengkritis semata. layaknya para-para pengamat negara.
aku harap ini menjadi refleksi kita bersama, prinsip kita membangun atau memiliki, atau menjadi. aku tak mau menjadi hewan, tak mau pula menjadi tumbuhan, apa lagi menjadi Tuhan. aku tetap manusia, manusia dengan segala kesalahan.
organ yang selama ini di pijaki manusia, larinya mau kemana, tergantung kaki-kaki yang menyeretnya. IMM UY yang selama ini aku kenal seperti kehilangan jati dirinya. aku tau diriku yang menyebabkannya, aku berusaha mencari desauan yang ada pada bibir-bibir manis kalian. mencari makna, ternyata sama. aku merasakan apa yang kalian rasakan.
aku tak tau harus bagaimana? karena pertanyaan bagaimana ranahnya pada epistemologi, dan menyangkut antara benar dan salah. berarti aku yang salah, pengetahuanku salah mengenai dirmu sang kibaran pesona. akalku yang penuh dengan akar egoisitas ataukah hatiku yang gelap gulita.
kala itu aku sedang berbincang-bincang dengan merpati,
"ada apa dengan mu" kataku seperti judul lagu Peterpan hehehe
"tak apa-apa hanya saja diriku merasakan ada ketidak beresan kawan" kicaunya pada tulinya telingaku.
"kenapa kau bisa mengatakan ada ketidak beresan wahai merpati, bukankah selama ini kita mencoba mengepakkan sayap di kampus tercinta"
"iya memang tapi apakah kau tak pernah berfikir, kita ini tak jauh beda dengan para pejabat itu kawanku",
"kenapa kau berbicara seperti itu merpati, kita jelas bedalah, kau lihat kita mencoba memakmurkan orang-orang yang menjeritkan atas dorongan kelaparan, tapi kenapa kau samakan seperti mereka yang angkuh kawan".
"nah itu sebabnya, kau hanya berkonsep tentang itu, tapi apa implikasi nya sudah? emangnya para pejabat tak pernah mengkonsep tentang rakyatnya, sudah pasti, dan itu sangat rasional walau ada niat terselubung di dalamnya."
"iya juga sih, tapi apa kau tau kita ini seperti organ tubuh merpati". kataku
"loh kok organ tubuh, eeh jangan kau samakan aku dengan dirimu". senyumnya menggelitik hxhxhxhx
"hahahahha jangan kau artikan tekstual lah merpati sahabtku, kita ini seperti organ tubuh ada satu tik penggerak yaitu otak. tapi bagaimana otak tangan dan kaki akan berjalan dan semua akan berfungsi, jika otak kita mati merpati."
"masalah itu aku tak tau kawanku, yang pasti pernahkah kau rasakan kepedulian antar organ kecil pada kampus kita ini. kita malah saling emngkokohkan apa yang di pijaki kawan."
aku terdiam, dan merenung pada hamparan kekosongan argumentasi. aku pikir memang benar ada ketidak beresan antara keinginan dan kenyataan, dan kurang kolektifnya pemikiran, sedang sumber otak tak fungsi jua. biarkan ini berjalan apa adanya tanpa releksi dan kehendak dari otak. aku tak tau lagi mana yang benar, yang pasti aku berjalan.
To Be Continue....mari kita diskusikan dan kita buktikan para-para manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Keturunan Sebagai Upaya Perlindungan (Hifdzu Nasl)

Oleh: Immawan Muhammad Asro Al Aziz Keturunan ( nasl ) merupakan serangkaian karakteristik seseorang yang diwariskan orang tua kepada anak, atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki seseorang dari orang tua melalui gen-gen. Keturunan juga merupakan faktor utama yang mempengaruhi perkembangan individu. Perhatian Islam terhadap keturunan dapat dilihat dari sejarahnya yang membuktikan bahwa merupakan hal yang sangat penting dalam, sehingga terdapat beberapa ayat al-Qur’an yang secara spesifik berbicara tentang penjagaan keturunan. Misalnya pada QS. al-Ahzab: 4-5 yang memberi tuntunan tentang proses pemberian nasab terhadap anak kandung dan anak angkat. Karena, perhatian terhadap keturunan juga berimplikasi terhadap hak pemberian nafkah, pewarisan harta, pengharaman nikah, dan lain-lain. Islam memberikan perhatian yang besar terhadap keturunan untuk mengukuhkan aturan dalam keluarga yang bertujuan untuk mengayominya melalui perbaikan serta menjamin kehidupannya

Implementasi Strategi Inovasi Produk Perspektif Al-Qur'an

A. Latar Belakang Manusia merupakan makhluk individual juga sebagai makhluk ekonomi. Banyak kebutuhan yang di perlukan oleh setiap manusia menjadikan ekonomi sebagai suatu ilmu untuk memenuhi keberlangsungan hidup seseorang. Hal bisa itu terjadi karena perubahan lingkungan yang fundamental merupakan daya dorong (driving forces) perubahan perekonomian dan bisnis. Perubahan dalam semua aspek kehidupan harus direspons sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemanfaatan bisnis. Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan perusahaan beroperasi di tingkat lokal, regional dan global, tanpa harus membangun system bisnis di tempat perusahaan tersebut beroperasi. Proses informasi dan komunikasi memperluas kemungkinan operasi jaringan perusahaan.  Disebutkan bahwa Koperasi di Jawa Tengah mengalami perkembangan jumlah koperasi aktif 22.674 (81,37%), tetapi tidak disertai dengan berkurangnya jumlah koperasi tidak aktif di Jawa Tengah dengan jumlah 5.19

Strategi Dakwah Ala Rasulullah

Oleh: Immawati Afifatur Rasyidah Islam merupakan agama perdamaian yang dianugrahkan oleh Allah swt dan perlu dijaga eksistensinya. Sebagai kader umat dan pewaris tampuk pimpinan umat kelak, sejatinya dewasa ini para generasi muda dilatih agar dapat menghadapi tantangan dan menjaga agama Islam ini. Berbagai kontroversi terjadi, agama dimonsterisasi, ulama didiskriminalisasi, umat dicurigai, dakwah dianggap provokasi, bahkan kebaikan pun dianggap radikalisasi. Salah satu   maqashidu syariah dalam agama Islam ialah hifdzu al-din (menjaga agama). Penjagaan terhadap agama dapat diimplementasikan dengan berbagai hal, salah satunya adalah dengan dakwah. Penyebaran dakwah tentu tak terlepas dengan metode atau manhaj atau thariqah. At-Thariqat Ahammu Min Al-Maddah, metode itu jauh lebih penting daripada materi. Ia merupakan sebuah seni (estetika) dalam proses penyampaian dakwah. Secara leksikal, metode ialah the way of doing. Sebaik-baik kualitas materi yang disampaikan dalam pembelajaran