Langsung ke konten utama

Study Gender: Representasi Kekuatan Perempuan dalam Video Klip Maroon 5


Perempuan melalui dunia patriarki, adalah sosok asing yang juga sekaligus diberlakukan asing. Jika di situ ada hirarki yang mengitarinya, maka perempuan diposisikan subordinat. Jika dicari asal usulnya dalam ayat-ayat suci, perempuan ditafsirkan sebagai mahluk nomor dua. Jika perempuan ditulis di lembar kebudayaan, maka dia menjadi kata kerja pasif. Perempuan pada akhirnya, dikemukakan mengalami penindasan berlapis-lapis: beban kerja ganda, diasingkan, diperbudak, didomestifikasi, dan diseksualisasi.

Pengalaman seseorang dapat kita jadikan hikmat bahwa perempuan sebenarnya memiliki peluang. Dengan segala kemampuannya, perempuan mampu menjadi subjek bahasa, subjek budaya, politik, sosial, atau subjek sejarah, jika perempuan mau bersuara. Mengemansipasi dirinya melalui media. Berpikir tentang dirinya, menulis tentang dirinya, dan juga berbahasa melalui bahasanya sendiri.

Berangkat dari hal tersebut, maka tertarik hati penulis untuk meneliti sebuah bacaan yang didalamnya terdapat pengakuan bagi perempuan. Dimana perempuan memiliki peran  pada posisi yang luas dan tidak terbatas. Seperti dalam video klip Lagu Maroon 5 yang berjudul “Girl Like You”. Video klip dari band yang berasal dari Los Angeles, California. Adam Levine sang vokalis menulis langsung lagu ini. Girls Like You dirilis bersamaan dengan Maroon 5 kembali menjalani rangkaian tur bertajuk Red Pill Blues Tour bersama Julia Michaels. Lagu ini sendiri merupakan lagu kelima yang dirilis Maroon 5 video musiknya dari album tersebut. Sebelum ini, mereka telah merilis lagu Don't Wanna Know berduet dengan Kendrick Lamar, kemudian Coldbersama Future, What Lovers Do bersama SZA, dan Wait.

Terdapat pesan tersirat dalam lagu ini adalah tentang menyatukan kekuatan seluruh wanita di dunia walau dengan beragam perbedaan yang ada. Maka jangan heran bila kamu akan menemukan banyak model perempuan yang memiliki latar belakang berbeda-beda pula pada video klip tersebut.

Dalam video tersebut banyak sekali wanita yang tampil sebagai wanita inspiratif khususnya di Amerika. Ya, tepat model video klipnya. Dan ternyata ada sekitar 26 wanita inspiratif pada video klip tersebut. Mulai dari aktris, penyanyi, presenter, komedian, politisi, penulis, model hingga atlet wanita turut ambil bagian dalam karya Maroon 5. Begitu pula dengan istri Adam Levine yaitu Prinsloo dan anaknya, Dusty Rose yang turut mewarnai video klip tersebut.

Beberapa bintang ikut serta mewarnai musik video berdurasi empat menit 31 detik itu. Mereka adalah, Tiffany Haddish, J Lo, Camila Cabello, Pheobe Robinson, Sarah Silverman, Mary J Blige, Rita Ora, dan sang Wonder Woman, Gal Gadot. Tak hanya itu, pembawa acara televisi Ellen DeGeneres yang juga hadir dengan penampilan maskulinnya.
Selain menjejerkan para bintang besar, terlihat juga wajah-wajah asing yang turut dihadirkan. Sebagian besar dari mereka adalah seorang aktivis yang memiliki kontribusi besar terhadap perdamaian dunia. Sebut saja, Angy Rivera adalah aktivis soal isu imigran. Ia juga membangun AskRivera untuk memberikan petunjuk bagi kehidupan remaja di AS.

Kemudian, Jackie Fielder yaitu seorang wanita yang telah mengambil peran besar dalam Dakota Access Pipeline (DAPL), untuk menyediakan asupan air bersih bagi masyarakat. Ada juga wanita yang telah meraih prestasi besar di dunia olahraga seperti, Danica Patrick. Ia adalah seorang pembalap wanita yang telah memenangkan balapan IndyCar Series.

Selain itu juga  terdapat satu lagi hal unik yang menyita perhatian umat Muslim. Pasalnya, terlihat dua wanita berhijab muncul dalam beberapa detik. Mereka adalah seorang yang menggagas media Islam Muslimgirl, Amani Al-Khatahtbeh dan wanita pertama yang menjadi legislator di Amerika Serikat, Ilhan Omar. Meski kedua hijaber itu muncul hanya dalam beberapa detik, penampilan keduanya langsung menjadi pembicaraan hangat. Jika dilihat dari sejarah video klip yang dibuat Maroon 5, baru kali ini ia pula berani menampilkan wanita berhijab.

Lagu yang berjudul “Girl Like You” hasil kolaborasi rapper wanita, Cardi B ini bukan tercipta hanya untuk menghibur telinga saja atau membuat hati wanita tersipu dibuatnya. Namun, lagu ini menunjukkan pesan mendalam, yaitu untuk menyatukan kekuatan yang dimiliki wanita di seluruh dunia. Lalu mengapa harus wanita? Ya, acapkali wanita selalu diidentikkan sebagai makhluk yang tak berdaya, dan sering menjadi sasaran kekerasan. Oleh karenanya, band yang digawangi oleh Adam Levine ini menghadirkan 26 wanita inspiratif dengan berbagai latar belakang profesi, ras, warna kulit, dan juga kepercayaan. Mereka semua disatukan dalam alunan musik, bernyanyi, dan menari dengan wajah gembira.
Meski tak dilakukan dengan cara yang blak-blakkan, namun penonton pun dengan mudah menangkap makna tersirat itu. Maroon 5 dengan berani ingin mendobrak isu akan perbedaan suku, ras, gender dan agama yang hingga kini masih menjadi persoalan utama di dunia.

Tidak hanya dalam video klipnya saja, namun dalam lirik lagu dari Girls Like You dari Maroon 5 juga menunjukkan bahwa dalam suatu hubungan posisi wanita dan laki-laki adalah setara dan saling membutuhkan. Seperti dalam liriknya,

Girls like you. Love fun, yeah me too.
What I want when I come through.
 I need a girl like you.

Grub band yang popular ini digandrungi generasi masa kini, Maroon 5, mengenalkan video klip terbarunya dari lagu yang berjudul “Girl Like You”. Video klip Maroon 5 menampilkan berbagai  wanita. Bukan sembarang, wanita ini merupakan inspirasi bagi siapa saja dan profesional di bidangnya masing-masing. Sebagai penutup, siapa saja wanita-wanita inspiratif yang tampil di video klip Maroon 5 berjudul “Girl Like You”, berikut nama-namanya:
1. Camila Cabello. Penyanyi solo yang lebih dahulu populer dengan kelompok musik Fifth Harmony dan melejitkan lagu berjudul “Havana” menjadi pembuka di video klip Maroon 5.
2. Phoebe Robinson. Komedian Phoebe Robinson dan juga penulis kolom di Vanity Fair dan New York Times juga tampil sebagai selebriti yang tampil di di video klip Maroon 5.
3. Behati Prinsloo. Wanita inspiratif versi Adam Levine. Seorang model Behati Prinsloo juga ternyata turut tampil sebagai wanita di video klip ini. Behati Prinsloo yang juga merupakan model dari Victoria’s Secret Fashion tampil bersama seorang bayi. Buat penggemar Adam Levine, siap-siap patah hati karena Behati Prinsloo merupakan istri dari Adam Levine, vokalis Maroon 5.
4. Sarah Silverman. Komedian yang berani mengangkat isu-isu feminis, politik dan rasisme serta meraih penghargaan Emy Awards, Sarah Silverman juga tampil sebagai wanita inspiratif di video klip terbaru Maroon 5.
5. Aly Raismann. Atlet senam indah, Aly Raisman, anggota olimpiade bagi tim Amerika pada tahun 2012 dan 2016 juga hadir menemani Adam Levine mendendangkan lagu “Girl Like You.”
6. Amani Al-Khatahtbeh. Pujian langsung mengarah ke Maroon 5 karena mengajak Amani Al-Khatahtbeh, seorang penulis dan editor MuslimGirl serta pengusaha di bidang teknologi di dalam video klip Maroon 5. Ramainya “isu wanita berhijab” yang kini menjadi isu besar tidak membuat Maroon 5 gentar. Buktinya, Maroon 5 mengajak Amani Al-Khatahtbeh karena mampu memberikan inspirasi dan pengaruh positif kepada seluruh wanita di dunia.
7. Trace Lysette. Selebriti transgender Trace Lysette juga tampil di video klip Maroon 5 terbaru. Maroon 5 seperti mempertegas bahwa wanita memang benar-benar mampu memberikan inspirasi yang positif, bagi kaum transgender lainnya.
8. Tiffany Haddish. Komedian dan aktris Hollywood yang satu ini juga memiliki pengaruh besar bagi kelangsungan hidup yang lebih baik. Tiffany Haddish mendapatkan penghargaan dari majalah TIME karena termasuk sebagai 100 wanita yang paling berpengaruh di seluruh dunia dan bergabung di video klip terbaru Maroon 5.
9. Angy Rivera. Seorang aktivis yang peduli dengan isu-isu imigrasi internasional Angy Rivera juga ikut berpartisipasi di dalam video klip Maroon 5.
10. Franchesca Ramsey. Franchesca Ramsey yang dikenal sebagai seorang artis YouTube juga ikut tampil di video klip Maroon 5.
11. Millie Bobby Brown. Paling muda diantara wanita-wanita yang tampil di video klip Maroon 5. Perannya juga diakui sebagai wanita yang memberikan inspirasi. Selain itu Millie Bobby Brown juga dikenal karena tampil di serial tv Stranger Things.
12. Ellen DeGeneres. Selebriti yang kerap mendukung hak-hak LGBT dan tentu saja pembawa acara reality show “Ellen Talk Show”, tidak lepas hadir di video Maroon 5. Ellen merupakan salah satu wanita inspiratif dengan berbagai ide-ide revolusionernya.
13. Cardi B. Seorang rapper yang ikut terlibat bersama Maroon 5 di lagu berjudul “Girl Like You” dan tentu saja menjadi 26 wanita inspiratif yang tergabung di video klip ini.
14. Jennifer Lopez.Artis wanita yang dikenal dengan lagu-lagu bernuansa disko dan latin ini juga tampil di video klip Maroon 5.
15. Chloe Kim. Atlet muda Amerika yang baru berusia 17 tahun, namun sudah memberikan prestasi sebagai atlet papan seluncur di Olimpiade dan memenangkan medali emas.
16. Mary J. Blige. Penyanyi yang satu ini menjadi wanita pilihan dari wanita inspiratis versi Maroon 5.
17. Beanie Feldstein. Pemain teater Beanie Feldstein yang dikenal lewat penampilannya melalui Lady Bird juga tampil di video klip terbaru Maroon 5.
18. Alex Morgan. Pemain sepak bola wanita Amerika yang sudah menorehkan berbagai macam prestasi. Mulai dari medali emas bersama timnas Amerika hingga menjadi juara Piala Dunia Wanita adalah buktinya. Inspirasi ini yang ingin diberikannya sebagai salah satu wanita sukses dunia.
19. Ilhan Omar. Politisi dari Minnesora dan warga keturunan Somalia Amerika pertama yang terpilih sebagai anggota parlemen Amerika Serikat juga turut hadir di video klip Maroon 5.
20. Elizabeth Banks. Aktris, model dan produser dan menjadi salah satu wanita yang sukses dibalik layar film Holywood tampil di video klip Maroon 5.
21. Danica Patrick. Mantan pebalap dan menjadi wanita tersukses dalam sejarah balap dunia, juga ikut menjadi salah satu wanita yang memberikan inspirasi bagi dunia, terpilih menjadi model dalam video klip Maroon 5.
22. Rita Ora. Penyanyi asal inggis yang dikenal sebagai salah satu penyanyi tersukses di Inggris pada tahun 2012 melalui lagu “How Do We Know,” dan menjadi juata di tangga lagu UK Singles Chart pada tahun 2012.
23. Lilly Singh. Seorang YouTuber dan vlogger, yang berasal dari Kanada dan menjadi role model bagi wanita masa kini juga menjadi salah satu wanita yang memberikan inspirasi bagi wanita lainnya
24. Ashley Graham. Model kelas dunia yang sering tampil di beberapa majalan seperti Vogue, Harper’s Bazaar, Glamour dan Elle juga menjadi salah satu wanita terpilih yang tampil di video klip Maroon 5.
25. Jackie Fielder. Aktivis dan juga penulis yang aktif memperjuangkan hak-hal minoritas, Jackie Fielder juga terpilih sebagai wanita inspiratif yang tampil di video klip Maroon 5.
26. Gal Gadot. Terakhir, tentu saja, wanita yang kini menjadi idola baru bagi sebagian wanita. Ditambah lagi setelah penampilannya sebagai Wonder Woman di film superhero DC juga tampil di video klip terbaru Maroon 5.

Buah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Keturunan Sebagai Upaya Perlindungan (Hifdzu Nasl)

Oleh: Immawan Muhammad Asro Al Aziz Keturunan ( nasl ) merupakan serangkaian karakteristik seseorang yang diwariskan orang tua kepada anak, atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki seseorang dari orang tua melalui gen-gen. Keturunan juga merupakan faktor utama yang mempengaruhi perkembangan individu. Perhatian Islam terhadap keturunan dapat dilihat dari sejarahnya yang membuktikan bahwa merupakan hal yang sangat penting dalam, sehingga terdapat beberapa ayat al-Qur’an yang secara spesifik berbicara tentang penjagaan keturunan. Misalnya pada QS. al-Ahzab: 4-5 yang memberi tuntunan tentang proses pemberian nasab terhadap anak kandung dan anak angkat. Karena, perhatian terhadap keturunan juga berimplikasi terhadap hak pemberian nafkah, pewarisan harta, pengharaman nikah, dan lain-lain. Islam memberikan perhatian yang besar terhadap keturunan untuk mengukuhkan aturan dalam keluarga yang bertujuan untuk mengayominya melalui perbaikan serta menjamin kehidupannya

Implementasi Strategi Inovasi Produk Perspektif Al-Qur'an

A. Latar Belakang Manusia merupakan makhluk individual juga sebagai makhluk ekonomi. Banyak kebutuhan yang di perlukan oleh setiap manusia menjadikan ekonomi sebagai suatu ilmu untuk memenuhi keberlangsungan hidup seseorang. Hal bisa itu terjadi karena perubahan lingkungan yang fundamental merupakan daya dorong (driving forces) perubahan perekonomian dan bisnis. Perubahan dalam semua aspek kehidupan harus direspons sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemanfaatan bisnis. Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan perusahaan beroperasi di tingkat lokal, regional dan global, tanpa harus membangun system bisnis di tempat perusahaan tersebut beroperasi. Proses informasi dan komunikasi memperluas kemungkinan operasi jaringan perusahaan.  Disebutkan bahwa Koperasi di Jawa Tengah mengalami perkembangan jumlah koperasi aktif 22.674 (81,37%), tetapi tidak disertai dengan berkurangnya jumlah koperasi tidak aktif di Jawa Tengah dengan jumlah 5.19

Strategi Dakwah Ala Rasulullah

Oleh: Immawati Afifatur Rasyidah Islam merupakan agama perdamaian yang dianugrahkan oleh Allah swt dan perlu dijaga eksistensinya. Sebagai kader umat dan pewaris tampuk pimpinan umat kelak, sejatinya dewasa ini para generasi muda dilatih agar dapat menghadapi tantangan dan menjaga agama Islam ini. Berbagai kontroversi terjadi, agama dimonsterisasi, ulama didiskriminalisasi, umat dicurigai, dakwah dianggap provokasi, bahkan kebaikan pun dianggap radikalisasi. Salah satu   maqashidu syariah dalam agama Islam ialah hifdzu al-din (menjaga agama). Penjagaan terhadap agama dapat diimplementasikan dengan berbagai hal, salah satunya adalah dengan dakwah. Penyebaran dakwah tentu tak terlepas dengan metode atau manhaj atau thariqah. At-Thariqat Ahammu Min Al-Maddah, metode itu jauh lebih penting daripada materi. Ia merupakan sebuah seni (estetika) dalam proses penyampaian dakwah. Secara leksikal, metode ialah the way of doing. Sebaik-baik kualitas materi yang disampaikan dalam pembelajaran